HaRLi_CooL

Intel Core i7 980X, Prosesor Tercepat saat Ini

Intel Core i7 980X

Prosesor memiliki peranan utama dalam mencapai tampilan kerja komputer yang paling handal. Sehingga berbagai industri komputer seperti Intel dan AMD selalu berinovasi agar selalu menjadi yang paling hebat.
Beberapa dekade yang lalu, prosesor canggih yang berinti ganda atau dual core masih jarang digunakan. Namun dengan perkembangan teknologi yang demikian pesat, prosesor dengan jumlah ‘otak’ lebih dari satu sudah menjadi biasa. Jumlah core pada tiap-tiap prosesor, dapat mengindikasikan seberapa hebat produk tersebut ketika menangani aplikasi yang membutuhkan prosesi data secara pararel.
Intel berencana akan merilis 2 jenis processor terbaru mereka yaitu Core i7-875K dan juga Core i5-655K yang nantinya prosesor ini akan memiliki fitur utama unlocked multiplier yang akan ditargetkan untuk gaming market, menurut sumber dari motherboard maker. Prosesor yang sudah mengusung teknologi 32nm dual-core Core i5-655K akan dikeluarkan di Awal Juni nanti, sedangkan 45nm quad-core Core i7-875K akan keluar pada akhirnya July. Sedangkan untuk April ini dual-core 45nm Pentium E5500 dan juga 32nm Core i5-680, akan turun harga hingga US$64 dan US$284 dilansir dari Digitimes.
Awal Juni ini Intel akan merilis 45nm quad-core Core i7-880 dengan kisaran harga US$562, sedangkan 32nm dual-core Core i3-550 akan dibandrol dengan harga US$133 dan 45nm Pentium E6700 dengan harga US$84, dalam ribuan unit. Sebagai tambahan, Intel juga telah merilis Core i7-980X untuk itu Motherboard maker juga akan mempersiapkan X58 motherboard untuk menyambut generasi intel 6 core processor terbarunya.
Prosesor
Sebuah mikroprosesor (sering dituliskan: µP atau uP) adalah sebuah central processing unit (CPU) elektronik komputer yang terbuat dari transistor mini dan sirkuit lainnya di atas sebuah sirkuit terintegrasi semikonduktor.Sebelum berkembangnya mikroprosesor, CPU elektronik terbuat dari sirkuit terintegrasi TTL terpisah; sebelumnya, transistor individual; sebelumnya lagi, dari tabung vakum. Bahkan telah ada desain untuk mesin komputer sederhana atas dasar bagian mekanik seperti gear, shaft, lever, Tinkertoy, dll.
Evolusi dari mikroprosesor telah diketahui mengikuti Hukum Moore yang merupakan peningkatan performa dari tahun ke tahun. Teori ini merumuskan bahwa daya penghitungan akan berlipat ganda setiap 18 bulan, sebuah proses yang benar terjadi sejak awal 1970-an; sebuah kejutan bagi orang-orang yang berhubungan. Dari awal sebagai driver dalam kalkulator, perkembangan kekuatan telah menuju ke dominasi mikroprosesor di berbagai jenis komputer; setiap sistem dari mainframe terbesar sampai ke komputer pegang terkecil sekarang menggunakan mikroprosesor sebagai pusatnya.

Karakteristik Mikroprosesor

Berikut adalah karakteristik penting dari mikroprosesor :
  1. Ukuran bus data internal (internal data bus size): Jumlah saluran yang terdapat dalam mikroprosesor yang menyatakan jumlah bit yang dapat ditransfer antar komponen di dalam mikroprosesor.
  2. Ukuran bus data eksternal (external data bus size): Jumlah saluran yang digunakan untuk transfer data antar komponen antara mikroprosesor dan komponen-komponen di luar mikroprosesor.
  3. Ukuran alamat memori (memory address size): Jumlah alamat memori yang dapat dialamati oleh mikroprosesor secara langsung.
  4. Kecepatan clock (clock speed): Rate atau kecepatan clock untuk menuntun kerja mikroprosesor.
  5. Fitur-fitur spesial (special features): Fitur khusus untuk mendukung aplikasi tertentu seperti fasilitas pemrosesan floating point, multimedia dan sebagainya.

Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar